Senin, 02 Juni 2014

TINGKATKAN PENDAPATAN DENGAN GO-GOOGLE

Nama : M. SAIFUL ANWAR
Npm : 1288374
Kelas : B
TINGKATKAN PENDAPATAN DENGAN GO-GOOGLE
A. Pengertian Perdagangan Online Perdagangan online merupakan aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari bergabung, negoisasi hingga kegiatan transaksinya, sebagai contoh jenis bisnis online yang marak kita jumpai seperti Olx (toko bagus), Berniaga.com, dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer. Sedangkan menurut Bisnis Online Indonesia cenderung lebih setuju apabila bisnis online/ perdagangan online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai investasi, jasa, perikalanan, hingga jenis bisnis yang berupa onine lainnya. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketer dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online. Berarti perdagangan online merupakan semua jenis kegiatan yang guna mencari keuntungan, melalui media elektronik yang lebih dipermudah dengan adanya internet, sehingga konsumen tidak selalu bertatap muka dalam mengambil kesepakatan, dan cara pembayaran pun mudah karena menggunakan media internet pula seperti ATM. 
B. Manfaaat Media Sosial Dalam Perdagangan Online Manfaat sosial media dalam berbisnis adalah pertama sebagai sarana dalam membangun merek atau istilah kerennya branding. Dengan aktif disalah satu situs jejaring sosial atau bahkan lebih akan membuat kita lebih dikenal oleh calon target anda, calon investor. Hal ini tentu berdampak luar biasa pada brand produk atau jasa yang hendak kita pasarkan. Manfaat sosial media dalam berbisnis selanjutnya adalah sebagai sarana dalam meriset pasar dan kompetitor kita. Hal ini juga sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada konsumen. Dan yang tidak kalah pentingnya tentang manfaat sosial media dalam berbisnis adalah dengan situs jejaring sosial, kita juga bisa melihat seberapa banyak orang yang menawarkan produk / jasa yang sama dengan kita. kita bisa juga memantau apa saja yang pesaing kita lakukan, mulai kampanye, hingga strategi mereka melayani pelanggan. Manfaat sosial media dalam berbisnis yang terakhir adalah sebagai sarana kita untuk mendekatkan diri kepada pelanggan. Dengan kata lain, kita bisa dengan lebih mudah membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap kita. 
C. Teknik menjaring pembeli Promosi Online Cara inilah yang sangat saya anjurkan, karena dengan cara ini kita memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa menjual produk kita. 
    1. Melalui Email Melakukan promosi melalui EMAIL terbukti cukup ampuh, karena kita sudah mengenal betul siapa targetnya. Silakan lakukan promosi dengan bahasa kita sendiri kepada sebanyak mungkin orang dengan cara yang santun dan bukan SPAM. Salah satu kategori SPAM ialah mengirim email promosi sembarangan kepada orang/ komunitas/ milist/ forum yang tidak menginginkan email kita, Berpromosilah dengan santun dan tanpa melanggar kode etik promosi. 
    2. Melalui Iklan Baris kita bisa menggunakan media iklan baik yang berbayar maupun gratis untuk memasang banner/iklan baris di alamat-alamat website yang tersedia di sarana google. 
    3. Melalui Blog atau Website Jika Sahabat sudah memiliki Blog/Website, bisa menuliskan Artikel tentang produk Sahabat bisa menyisipkan Link URL untuk mengenalkan Produk Sahabat juga bisa menampilkan BANNER (gambar) di Blog/Website Sahabat sendiri. 
   4. Melalui Google Adwords atau PPC Lokal Cara ini bisa digunakan jika Sahabat sudah expert dalam hal INTERNET MARKETING, tapi tidak ada salahnya jika mencoba untuk bermain di pasar Lokal. Kami tidak merekomendasikan cara ini karena diperlukan biaya untuk bisa melakukan promosi. Tapi jika Sahabat sudah paham betul tentang Internet Marketing maka cara inilah yang sangat kami rekomendasikan. Beberapa perusahaan dibawah ini cukup membantu Sahabat dalam mendatangkan pengunjung yang tertarget. Sahabat hanya perlu melakukan proses pendaftaran dan pembayaran sekali ketika menggunakan media diatas. Yang membuat Sahabat nyaman ialah kegiatan promosi menggunakan iklan berbayar bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Sahabat di kantor. Karena ketika menggunakan adwords/PPC Lokal hanya proses di awalnya saja yang membutuhkan waktu. Setelah berjalan Sahabat tinggal memonitor saja iklan-iklan yang dipasang di google adwords/PPC Lokal dan ini hanya membutuhkan waktu 15-30 menit setiap harinya. 
D. Analisis SWOT Perdagangan Online Melalui Google Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi, Bapak irwan adalah seorang pengusaha di bidang pakaian melalui via online yang meliputi blog, twittter, fecebook, dan lain sebagainya. Usaha yang telah digeluti sejak 5 tahun silam telah berkembang pesat. Dari semula hanya menjual pakaian secara eceran namun sekarang bapak irwan sudah menjual pakaian secara grosir. Mulai dari jenis kaos, kemeja, dan jaket. mengingat usahanya yang berkembang pesat, Bapak irwan berniat untuk membuka usaha baru yang berhubungan dengan berbagai jenis sepatu, Untuk merealisasikan idenya tersebut, Bapak irwan menggunakan analisis SWOT sebagai berikut: 
   1. kekuatan (strengths), dimana kekuatan (strengths) disini memilah setiap peluang yang tersedia untuk mendapatkan profit yang diinginkan itu dari ditawarkan melalui iklan yang tersedia, dan juga dapat menambah keberhasilan yang nyata dari dalam peluang yang tersedia. Dilihat dari pengalaman selama 5 tahun di bidang pakaian melalui via online bisa menjadi kekuatan bagi Bapak irwan untuk memulai usaha sepatunya. Selain itu, Bapak irwan juga mempunyai hubungan yang sangat baik dengan pihak distributor pabrik sepatu sehingga lebih mudah dalam mendapat bahan penjualan. 
   2. Kelemahan Khas E-commerce / online shop, karena model pakaian yang selalu berganti membuat bapak irwan harus selalu mengganti jenis pakaian yang selalu berganti model, karna melalui via online membuat para konsumen kadang merasa terbohongi oleh kualitas yang tak sesuai dengan apa yang tertera pada kriteria difacebook, twitter, dan via online lainnya. 
    3. Peluang, kita Harus selalu mencari tau setiap perkembamgn yang ada pada bisnis yang sedang kita jalankan seperti menggunakan metode pertanyaan “model pakaian baru apa yang dapat menambah keuntungan saya untuk mengembangkan bisnis saya dan untuk mencapai keuntungan lebih dari pesaing saya?” dan “Di manaletak dari kelemahan pesaing saya ?” 
    4. Ancaman, kita harus selalu mencari pergeseran industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis kita. Ini termasuk perubahan hukum dan peraturan. Dan juga yang harus diwaspadai adalah plagiat ataupun peniru produk palsu yang kita jual. 
 E. Penutup Perdagangan online merupakan aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet, dan juga memiliki manfaat seperti: 
      a. sebagai sarana dalam membangun merek atau istilah kerennya branding. 
      b. sebagai sarana dalam meriset pasar dan kompetitor kita. 
      c. sebagai sarana kita untuk mendekatkan diri kepada pelanggan. 
Menggunakan analisis SWOT secara teratur, mungkin sekali atau dua kali setahun, akan memberikan gambaran yang luas tentang tren industri e-commerce, menunjukkan di mana Anda berdiri dalam kaitannya dengan pesaing Anda, dan Memberikan wawasan untuk mengurangi kelemahan Anda dan membangun Kekuatan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar