Sabtu, 10 Mei 2014

Ini salah satu penyebab perokok tak mau berhenti


Ini salah satu penyebab perokok tak mau berhenti

Merdeka.com - Menghentikan kebiasaan merokok memang bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang bisa menghalangi perokok untuk berhenti mulai dari efek ketergantungan nikotin yang bisa membuat pusing hingga keinginan yang tak cukup kuat. Namun peneliti juga mengungkap adanya salah satu penyebab mengapa perokok tak mau berhenti.

Penelitian ini menjelaskan bahwa salah satu hal yang membuat perokok malas berhenti adalah kenaikan berat badan. Biasanya berhenti merokok akan memberikan efek naiknya berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok bisa mengalami kenaikan berat badan hingga 12 kilogram.

Selama tahun pertama setelah orang berhenti merokok, rata-rata mereka akan mengalami kenaikan berat badan mulai dari 3,6 kilogram hingga 6 kilogram. Banyak perokok yang malas melakukan terapi untuk menurunkan berat badan karena mereka tak mau mengalami kenaikan berat badan, seperti dilansir oleh Daily Mail (09/05).

Peneliti di Penn State College of Medicine di Pennsylvania menemukan hal ini setelah melakukan survei terhadap 186 perokok yang berharap untuk berhenti dan 102 perokok yang menghindari terapi untuk berhenti merokok.

Kebanyakan perokok yang mengikuti terapi untuk berhenti merokok akhirnya tak melanjutkan terapi tersebut ketika mereka mulai mengalami kenaikan berat badan. Di antara semua partisipan, sekitar 53 persen telah mengalami kenaikan berat badan ketika mencoba berhenti merokok.

"Kebanyakan perokok khawatir berat badan mereka naik seperti yang dialami perokok lainnya. Hal ini membuat mereka berhenti mencoba berhenti merokok meski sudah mengetahui manfaat besar dari berhenti merokok," ungkap Susan Veldheer dari Department of Public Health Sciences.

Peneliti menyarankan agar para terapis tak hanya menawarkan cara untuk berhenti merokok, namun juga mendampingi perokok untuk menjaga berat badan selama melakukan terapi tersebut, sehingga mereka tak khawatir jika mengalami kenaikan berat badan. Faktanya, berhenti merokok memang bisa menaikkan berat badan. Apakah hal ini akan menghalangi Anda untuk mencoba berhenti merokok?

0 komentar:

Posting Komentar